Rabu, 23 April 2008

PENELAAHAN TENTANG JAGAT RAYA

Apakah yang kita lihat, bila kita menengadahke langit pada suatu malam yang terang? sebagian besar langit malam yang gelap itu ditebari oleh titik-titik cahaya yang berkelip kelip, yang kita sebut bintang. Mungkin bulan juga berada dilangit, entah sebagai bulan sabit, entah sebagai bulan purnama.
Titik cahaya yang paling terang mungkin planet Venus, sedangkan yang kemerah merahan planet Mars. kecuali beberapa planet lainnya, semua titik cahaya lainnya adalah bintang.
kadang kadang kita dapat melihat sebuah pita kabur yang berpijar di seberang langit di atas kepala bila langit bersih dan cukup gelap. Pita itu tersusun dari bintang bintang yang terlalu jauh atau terlalu kecil untuk dilihat sebagai titik-titik cahaya yang terpisah. Pita ini dikenal sebagai Bima Sakti.
Bagaimanakah keadaan sebenarnya di langit sana? Apakah bintang itu dan berapa jauhnya dari kita? Bagaimana asal muasalnya dan apakah akan terus menerus bercahaya? Apakah ruang angkasa itu? Apakah ruang angkasa berakhir disuatu tempat? Ataukah akan berjalan terus tanpa akhir?
Mengamati langit :
Coba bayangkan, betapa dini para pengamat bintang mempelajari apa yang mereka lihat dilangit.
Barangkali anda akan memulai dengan sekedar mengamati langit malam selama waktu tertentu. Setelah beberapa waktu, anda akan mulai memahami bahwa rupanya bintang bintang yang lebih terang membentuk beberapa pola dilangit. Anda akan teringat pada pola pola ini bilamana anda melihatnya lagi. Bagaimana juga, itulah yang dilakukan para pengamat bintang dahulu. Mereka menyelidiki pola pola bintang itu dan menamakannya menurut nama dewa dan pahlawan, atau binatang dan benda benda yang dikenal. Mereka menyebut pola bintang ini rasi(peta) bintang, atau konstelasi (dari kata latin, comstella).
Nama nama yang diberikan kepada rasi bintang pada zaman kuno itu hingga sekarang masih digunakan – scorpius, leo, orion, dan 85 rasi bintang lainnya. Sebagian besar rasi bintang itu tidak menyerupai tokoh mitos yang telah melekat pada namanya; paling tidak, menurut penglihatan kita. Akan tetapi, nama nama itu sampai sekarang pun berguna untuk mempelajari penjelajahan kita di langit malam.

0 komentar:


 
Copyright © 2011. Ilmu Pengetahuan Dunia . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by IPD . Published by IPD Templates