Kamis, 09 Agustus 2012

Kandungan Kacang Hijau

Kacang hijau (Phaseolus aureus) terkenal sebagai sumber protein nabati dengan kadar protein yang tinggi yang dapat membuat otak lebih cerdas dan mudah dalam berfikir. Selain itu, Kandungan gizi yang terdapat dalam 110 gr kacang hijau adalah 345 kalori, 22,2 gr protein, 1,2 gr lemak, dan sisanya berupa vitamin A, vitamin B1, fosfor, zat besi, mangan.
Kelebihan dari kacang hijau, walaupun direbus lama ( sampai hancur ) khasiat kacang hijau tidak berkurang dan tidak terpengaruh panas. Berbeda dengan bahan makanan yang lain seperti sayur, buah, dan ramuan tradisional lainnya yang apabila di rebus terlalu lama akan menurunkan khasiat obatnya.
Beberapa kandungan gizi dalam kacang hijau dan manfaatnya adalah sebagai berikut;
Protein Tinggi
Kacang hijau juga memiliki kandungan zat protein tinggi. Kalau untuk menu masyarakat sehari-hari, kacang-kacangan merupakan alternatif sebagai sumber protein nabati terbaik. Begitu pula jika kita melihat tradisi di sekitar kita banyak sekali ibu-ibu yang sedang hamil sering dianjurkan untuk mengonsumsi kacang hijau, Hal ini agar bayi yang akan dilahirkan nantinya memiliki rambut lebat.
Nutrisi Penting
Kacang hijau memiliki kandungan protein cukup tinggi dan bermanfaat sebagai sumber mineral sangat penting. Kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat dalam kacang hijau sangat diperlukan tubuh. Selain itu kacang hijau juga memiliki kandungan lemaknya dan merupakan asam lemak tak jenuh, yang tidak akan mendatangkan masalah bagi yang ingin diet.
Vitamin B1 (tiamin)
Vitamin sangat baik untuk masa pertumbuhan. Pada mulanya vitamin B1 sudah dikenal sebagai anti beri-beri. Kemudian juga di buktikan kalau vitamin B1 ini ternyata juga sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk membantu proses pertumbuhan.
Vitamin B1 merupakan bagian dari koenzim yang memiliki fungsi sangat penting dalam oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi energi. Jika tidak ada vitamin B1 tubuh akan mengalami kesulitan dalam memecah karbohidrat.
Lemak Rendah
Kacang hijau memiliki Kadar lemak yang rendah sehingga apabila kacang hijau ini di buat untuk makanan tidak mudah tengik. Lemak yang terdapat dalam kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh.
Zat Kalsium dan Zat fosfor
Kandungan zat kalsium serta zat fosfor yang terdapat pada kacang hijau sangat berkhasiat dan bermanfaat untuk memperkuat tulang.
Kacang hijau mengandung Asam Folat yang penting untuk Ibu hamil. Ibu hamil dapat mengonsumsi kacang hijau sejak awal kehamilan atau sebelum hamil. Khasiat yang terkandung dalam asam folat sangat baik bagi perkembangan saraf pada bayi dalam kandungan.
Manfaat kacang hijau yang mengandung asam folat ini juga dapat menghindarkan dari terjadinya bayi kelainan jantung, bibir sumbing, dan berbagai kecacatan lainnya. Selain itu Asam folat juga dapat meningkatkan kecerdasan bayi.
Selain enak dan banyak mengandung banyak vitamin dan mineral manfaat kacang hijau juga dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti beri -beri, radang ginjal, tekanan darah tinggi, keracunan alkohol dan pestisida, mengurangi gatal karena biang keringat, muntaber, menguatkan fungsi limpa dan lambung, impotensi, TBC, jerawat, mengatasi flek hitam di wajah, dan menurunkan demam.
Kacang hijau sangat mudah berkecambah yang biasa kita kenal sebagai tauge. Kecambah kacang hijau banyak sekali mengandung enzim aktif, salah satunya adalah enzim amilase yang membantu metabolisme karbohidrat. Selain kacangnya, kecambah kacang hijau juga punya manfaat tak kalah penting antara lain :
• Antioksidan kecambah membantu memperlambat proses penuaan
• Mencegah penyebaran sel kanker
• Kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan kesuburan
• Sangat baik untuk menjaga keasaman asam lambung
• Melancarkan pencernaan
• Meremajakan dan menghaluskan kulit
• Menghilangkan noda-noda hitam pada wajah
• Menyembuhkan jerawat
• Menyuburkan rambut
• Melangsingkan tubuh

0 komentar:


 
Copyright © 2011. Ilmu Pengetahuan Dunia . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by IPD . Published by IPD Templates